» Detail News

Jumat, 26 Agustus 2016 - 10:07:08 WIB

Posting by : Maruli Manik
Category    : Market News - Reads : 583



PJAA Alokasikan Rp 300 M untuk Kembangkan Seaworld


PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) siap mengembangkan pusat rekreasi Seaworld menjadi enam kali lebih besar dari kondisi fisik saat ini. Proyek itu diperkirakan menelan investasi Rp 250 miliar-Rp 300 miliar.

Direktur PJAA Teuku Sahir Syahali mengatakan, pengembangan Seaworld dimulai tahun ini dan diperkirakan rampung pada akhir tahun 2017. "Kami akan memperbesar Seaworld dengan panel 8x7 meter, enam kali lebih besar dari posisi sekarang," ungkap dia, Kamis (25/8).

Kelak, wahana rekreasi tersebut akan mengalahkan Seaworld yang berada Singapura. Wahana tersebut akan dirancang menjadi replika wisata laut yang tersebar di Indonesia seperti Bunaken, Raja Ampat, Nias dan lain-lain.

Sahir menjelaskan, perluasan wahana Seaworld merupakan salah satu inovasi PJAA menggenjot pertumbuhan jumlah pengunjung dalam jangka panjang. Tahun ini, PJAA membidik jumlah pengunjung ke seluruh wahana rekreasi PJAA mencapai 18,5 juta. Jumlah ini tumbuh 6% daripada realisasi 2015 sebanyak 17,5 juta pengunjung.

Selain memperluas Seaworld, PJAA akan mengembangkan wahana Dunia Fantasi dengan menggelontorkan investasi Rp 100 miliar-Rp 150 miliar pada tahun depan. Emiten ini juga akan mengembangkan fasilitas transportasi dan sarana parkir.

"Mulai tahun ini hingga tahun depan, kami akan membangun central parking dan akan disambung ke fasilitas kereta api dari karnaval serta menambah bus tingkat," kata Sahir.

Dengan begitu, PJAA masih membutuhkan investasi besar hingga tahun depan. Namun, manajemen belum bisa mengungkapkan besaran belanja modal (capex) pada tahun 2017. Tahun ini, PJAA mengalokasikan capex untuk mengembangkan area rekreasi dan properti berkisar Rp 450 miliar hingga Rp 500 miliar.

Adapun penyerapan dana capex hingga semester pertama tahun ini baru Rp 126 miliar. Di bisnis properti, PJAA tengah membangun satu hotel berkapasitas 260 kamar di kawasan Putri Duyung. Hotel ini ditargetkan beroperasi pada tahun 2018.

Saat ini, PJAA menjajaki kerjasama dengan beberapa calon operator untuk mengembangkan hotel itu. "Kami ingin hotel ini bertaraf internasional untuk menambah daya tarik kawasan Ancol," ungkap Sahir.

Untuk mendanai ekspansi di bisnis rekreasi dan properti, manajemen PJAA akan merilis obligasi Rp 300 miliar. Ini bagian program penawaran umum berkelanjutan (PUB) PJAA senilai total Rp 2 triliun.

Sumber : www.kontan.co.id

  Tag :

pjaa




    Berita Terkait :

  • Laba Jaya Ancol Naik Jadi Rp290,86 Miliar per Desember 2015